Artikel

Pastikan Ketersediaan Cukup, Presiden Datang Langsung ke Pabrik Oksigen

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo kembali mendatangi pabrik oksigen di PT Aneka Gas Industri di Kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (16/7). Kedatangan Presiden kali ini untuk memastikan ketersediaan oksigen untuk kebutuhan medis terpenuhi.

Dalam kesempatan itu, Presiden menegaskan pemerintah terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen secara nasional. Salah satu cara pemerintah adalah dengan menjalani kerja sama dengan pihak swasta yang bergelut di bidang oksigen ini.

"Kita telah bekerja sama dengan industri -industri di dalam negeri untuk mengamankan pasokan dan distribusi oksigen medis yang dibutuhkan masyarakat sehingga kebutuhan oksigen secara nasional bisa terpenuhi," kata Presiden, Jumat.

PT Aneka Gas Industri ini merupakan salah satu mitra pemerintah dalam mengamankan pasokan oksigen. PT yang merupakan anak usaha PT Samator ini telah bekerja maksimal memenuhi kebutuhan oksigen dengan meningkatkan kapasitas produksi.

Saat meninjau lokasi pabrik tersebut, Presiden melihat langsung tangki produksi hingga ruang kontrol pabrik. Diketahui, pabrik di Pulo Gadung merupakan satu dari tiga pabrik oksigen yang dimiliki PT Aneka Gas Industri di wilayah Jawa bagian barat. Produksinya mencakup oksigen, nitrogen dan argon.

Kepada Presiden, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri, Rachmat Harsono mengungkapkan, pabriknya di Pulo Gadung itu mampu memproduksi hingga 110 ton per hari. Sementara dua pabrik lain memiliki kapasitas produksi masing-masing 100 ton dan 250 ton per hari.

Sehingga total kapasitas produksi mencapai 460 ton per hari untuk Jawa bagian barat. Adapun kapasitas produksi seluruh Indonesia mencapai kurang lebih 1.000 ton per hari.

Rachmat menjelaskan, dengan dibantu Kementerian Perindustrian, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Kesehatan, pihaknya mengonversi hampir 90 persen produk oksigen yang biasanya digunakan untuk industri, menjadi oksigen untuk medis.

"Kami tentunya melihat masyarakat kekurangan oksigen kami tersentuh. Oleh karena itu, kami terus menerus memastikan bahwa oksigen medis maupun tabung gas medis itu harus available di manapun," ujar Rachmat Harsono.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: