Artikel

Patuhi Protokol Kesehatan Agar Tidak Seperti India

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Protokol kesehatan menjadi salah satu kunci penting dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, masyarakat harus patuh pada prokes agar Indonesia tidak seperti India.

Menurutnya, terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi di India. Alasannya ada dua, pertama adanya varian baru Corona, yang juga telah masuk Indonesia.

Alasan kedua, imbuhnya adalah kelalaian masyarakat India terhadap prokes karena merasa angka Covid-19 sudah menurun, sementara proses vaksinasi gencar dilakukan.

"Mereka lupa, mereka kurang waspada, mereka mengendurkan protokol kesehatan," kata Menkes Budi dalam jumpa pers seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (20/4)

Untuk itu, Menkes mengingatkan masyarakat untuk tidak lalai menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 3M tersebut, kata Menkes, tetap penting meski sudah ada vaksin Covid-19.

"Tolong kita jaga diri, tetap waspada, hati-hati, tetap disiplin menjalankan protokol 3M. Kita patuhi aturan PPKM Mikro yang menurut kami sudah sangat baik jalannya," tandas Menkes.

Jika masyarakat Indonesia konsisten dengan prokes, imbuh Menkes, maka Indonesia tidak akan mengalami nasib seperti India.