Artikel

Pemerintah Kebut Vaksinasi, Demi Kesehatan Masyarakat dan Pemulihan Ekonomi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah terus melakukan akselerasi program vaksinasi nasional guna mencapai herd immunity atau kekebalan komunal sehingga pandemi Covid-19 bisa segera diatasi.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, vaksinasi dipercepat untuk menjaga ketahanan dan kesehatan masyarakat, serta agar pemulihan ekonomi nasional bisa diwujudkan. Sembari itu, kata dia, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kecepatan imunitas yang bisa dimunculkan di masyarakat melalui vaksinasi menjadi syarat yang penting, dan juga pelaksanaan protokol kesehatan sehingga kondisi dari Covid tetap bisa dikendalikan, namun pemulihan ekonomi juga tetap bisa dipertahankan," kata Sri Mulyani dalam keterangan persnya, Senin (5/7).

Salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam mempercepat vaksinasi adalah adanya target 1 juta suntikan per hari pada bulan Juli, dan 2 juta suntikan per hari pada Agustus nanti.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah juga berencana melakukan vaksinasi hingga 3 juta suntikan per hari pada periode Oktober-November agar target bisa segera tercapai.

Ia menambahkan, target-target tersebut sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Bahkan, kata dia, pemerintah diminta melakukan vaksinasi pagi, siang, dan malam hari dengan menggunakan seluruh sumber daya baik dari kementerian/lembaga, TNI-Polri, hingga dinas di pemerintah daerah.

"Inilah yang akan menjadi syarat penting untuk kita bisa terus menjaga ketahanan masyarakat dari Covid namun di sisi lain kemudian pemulihan ekonomi bisa dijaga atau dipertahankan momentumnya," pungkasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: