Artikel

Penyintas Covid-19 Harus Rutin Olahraga dan Tetap Jaga Jarak!

 
 | Arusbaik

Pandemi virus corona atau Covid-19 telah menginfeksi jutaan orang. Tidak sedikit jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 ini. Begitu pula pasien yang terinfeksi Covid-19 kini sebagian besar telah sembuh. Meski demikian, penyintas Covid-19 tetap harus waspada. 

Adapun waktu pemulihan pasien Covid-19 dari infeksi virus SARS-CoV-2 berbeda-beda. Hal ini bergantung dari sistem imun dan penyakit komorbid yang menyertai. Saat sudah dinyatakan sembuh pun, tetap ada kondisi yang perlu diperhatikan.

Hampir 75% pasien Covid-19 mengeluhkan tanda dan gejala yang muncul setelah hasil tesnya negatif. Gejala setelah sembuh dari Covid-19 jangan dianggap sepele karena masih bisa mengalami sesak napas, mudah lelah yang bisa muncul selama berminggu minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah sembuh.

Nah, demi mempercepat pemulihan tubuh pasca-terkena Covid-19, ada beberapa hal yang tetap harus dilakukan mantan pejuang positif ini. Seperti dikutip dari ndtv.com, berikut yang harus dilakukan pasien penyintas Covid-19. 

1. Tetap Rutin Berolahraga

Bagi sebagian pasien pasca-terpapar Covid-19 tidak mudah melakukan olahraga karena tubuh yang masih berasa lemas. Namun, secara bertahap tubuh harus dibiasakan bergerak. Mulailah melakukan olahraga ringan dan singkat dengan durasi secara bertahap. Hal ini sangat baik untuk mempersiapkan ketahanan tubuh.

2. Rajin Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Tubuh memerlukan antibodi yang kuat dalam memerangi virus Covid-19, bahkan ketika virus sudah tak lagi ada di tubuh. Disarankan mengonsumsi makanan bergizi tinggi untuk mempercepat badan kembali bugar seperti sedia kala. Bila perlu, konsumsi juga suplemen tambahan sesuai kebutuhan dan saran dokter.

3. Melatih Kekuatan Otak

Virus Covid-19 diketahui dapat memengaruhi kemampuan otak dalam bekerja. Beberapa pasien Covid-19 diketahui juga mengalami gangguan berpikir akibat virus ini. Karena itu, sebaiknya mulailah kembali melatih otak Anda dengan melakukan berbagai aktivitas ringan seperti bermain puzzle atau mengisi teka teki silang (TTS) ringan.

4. Berikan Porsi Besar untuk Istirahat

Mantan pasien Covid-19 harus memberikan waktu istirahat pada tubuhnya demi memulihkan diri secara maksimal. Jangan memaksakan diri langsung melakukan kegiatan seperti sebelum tubuh terserang Covid-19. Karena itu, sebaiknya nikmatilah waktu beristirahat Anda dengan baik.

5. Peka dan Menangkap Sinyal Tubuh dengan Baik

Karena masih berada dalam proses penyembuhan, sebaiknya jangan lengah terhadap sinyal yang diberikan tubuh. Sebisa mungkin mesti peka, bila ada gejala yang dirasa janggal dan mengganggu, jangan abaikan dan segera berkonsultasi ke dokter.

6. Tetap Konsisten Menjaga Jarak ketika Berjumpa dengan Orang Lain

Sebagai mantan pasien Covid-19, perlu waspada diri apabila berjumpa dengan orang lain. Jangan langsung membiarkan tubuh terpapar virus atau bakteri dari orang lain. Sadari dengan baik, bila kondisi tubuh yang masih lemah akan menimbulkan dampak paparan yang lebih berat bagi diri sendiri dan orang lain. (IWH)