Artikel

Percepatan Herd Immunity, Presiden Dukung Vaksinasi Door to Door

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo menyambut baik inisiatif Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyelenggarakan skema vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah. Menurut Presiden program ini bisa semakin mempercepat target vaksinasi nasional dan menghadirkan kekebalan komunal.

“Bagus. Door to door ini bagus artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali," kata Presiden saat meninjau vaksinasi melalui konferensi video, Rabu (14/7).

Dalam program vaksinasi dari rumah ke rumah ini, BIN memilih daerah-daerah yang termasuk episentrum penyebaran Covid-19. Pelaksanaan dilakukan di 14 provinsi di seluruh Indonesia.

Salah satu daerah yang dilakukan vaksinasi dengan skema ini adalah Kelurahan Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Menurut Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN, Mayjen Agoes Joesni, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mencari dan mendeteksi masyarakat yang berkeinginan untuk segera mendapatkan vaksin tetapi terhambat jarak atau administrasi lainnya.

“Ternyata jumlahnya lumayan banyak, di RT 06 ada 400 warga. Sebanyak 200 orang sudah vaksin, sedangkan 200 lainnya masih kami cari satu per satu yang berniat untuk di vaksin,” ujar Mayjen TNI Agoes Joesni.

Diketahui, selain vaksinasi door to door, BIN juga melakukan kegiatan vaksinasi serentak pelajar SMP dan SMA di 14 provinsi. Target vaksinasi ini diikuti oleh 49 ribu peserta yang terdiri atas 15 ribu pelajar SMP, 15 ribu pelajar SMA, dan 19 ribu masyarakat peserta vaksinasi dari rumah ke rumah. (WIL)