Artikel

Pesan Presiden: Patuhi Prokes, Tetap Eling lan Waspada

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Belajar dari badai tsunami Covid-19 yang terjadi di India, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap waspada.

Menkes Budi menjelaskan, angka kasus Covid-19 di India sempat turun drastis sehingga kasus konfirmasi harian hanya sekitar 5.000 kasus.

"Terakhir, kemarin kita lihat sudah naik ratusan kali lipat menjadi 349.000 kasus per hari," kata Menkes Budi, dikutip dari pernyataannya di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4).

Penyebab lonjakan kasus di India, menurut Menkes Budi, utamanya ada dua hal. Pertama adalah mutasi baru yang masuk, B.1.1.7 dan juga ada mutasi lokal, B.1.617.

“Kedua adalah tidak konsisten menjalankan protokol kesehatan," lanjutnya.

Ditambahkan Menkes Budi, akibat dari merasa jumlah kasus di negaranya sudah turun ditambah vaksinasi di India itu tinggi sekali, masyarakat India menjadi lengah, menjadi lalai, dan menjadi tidak waspada.

Belajar dari hal tersebut, Menkes Budi mengingatkan masyarakat untuk waspada. Ia juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa saat ini keseimbangan PPKM Mikro, protokol kesehatan, dan kecepatan vaksinasi sudah cukup baik. Semua itu harus dijaga.

"Tolong jaga protokol kesehatan. Jangan sampai kerja keras yang selama ini sudah kita lakukan, keseimbangan seperti arahan Bapak Presiden yang sudah kita capai, kemudian kembali rusak karena kita terlalu terburu-buru, terlalu grasa-grusu, tidak eling lan waspada, kata Bapak Presiden," ujar Menkes Budi.

Karena dalam pengamatannya, euforia ini sudah mulai terlihat. Beberapa daerah sudah mulai melonggarkan protokol kesehatannya.

"Vaksinasi tetap membuat kita masih bisa tertular. Vaksinasi masih bisa membuat kita menularkan ke orang lain. Jadi, itu penting sekali untuk kita jaga walaupun sudah divaksinasi, protokol kesehatan masih mesti dijaga," tekan Menkes Budi. (ACD)