Artikel

Pesan untuk Pasien Covid: Fokus pada Penyembuhan dan Tingkatkan Imunitas

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Salah satu cara untuk bisa menang melawan Covid-19 adalah dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh agar tetap prima. Pasalnya imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Dengan imunitas yang baik, seseorang akan terhindar penyakit termasuk terpapar Covid-19.

Edukator Kesehatan yang juga Dokter Umum, dr. Samuel Sembiring menjelaskan, salah satu cara paling ampuh untuk menjaga agar imunitas tetap baik adalah dengan mengonsumsi atau meminum susu. Menurutnya, susu apapun bisa dikonsumsi tanpa ada batasan merk tertentu.

"Jadi untuk meningkatkan imunitas bisa dengan cara apapun. Kita boleh konsumsi susu apapun merek apapun tidak harus terpaku pada satu merek. Karena setiap susu punya kelebihan masing-masing," kata pria yang akrab disapa Dokter Sam saat diwawancarai Tim ArusBaik beberapa saat lalu.

Dokter Sam menambahkan, menjaga imunitas ini tidak hanya berlaku bagi seseorang yang sehat agar tidak terpapar Covid-19. Pasien Covid-19 pun dituntut untuk meningkatkan imunitas agar bisa lekas sembuh.

Dalam hal ini, dokter yang bertugas di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung tersebut menjelaskan, prinsip yang harus dipegang oleh setiap pasien Covid-19 adalah sembuh dari gejala. Artinya, seorang pasien tidak harus terpaku pada status negatif dari pemeriksaan saja.

"Secara prinsip lebih penting sembuh daripada negatif. Karena untuk sembuh itu tidak harus selalu negatif, dan negatif belum tentu sembuh," kata dia.

Oleh karena ini, imbuh Dokter Sam, seorang pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah harus lebih fokus pada penyembuhan gejala-gejala yang dirasakan. Mudahnya, hal ini dilakukan dengan meningkatkan imunitas serta menyelesaikan masa isolasi yaitu antara 10 hingga 14 hari.

"Ketika masa isolasi sudah selesai, maka risiko penularan sudah sangat minimal. Sehingga kita bisa simpulkan bahwa orang tersebut sudah sembuh," pungkasnya. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut: