Artikel

Positif Covid-19? Ini Tips Agar Cepat Negatif

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Dinyatakan positif setelah melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) membuat seseorang secara resmi menjadi pasien Covid-19. Bagi yang bergejala, maka harus dirawat di rumah sakit rujukan. Sebaliknya, yang tidak bergejala diperkenankan isolasi mandiri di rumah.

Menjadi pasien dan harus isolasi mandisi setidaknya 14 hari memang tampak menjenuhkan. Sebab, pasien isoman harus berdiam diri di rumah dan mengurangi interaksi bahkan dengan keluarganya sendiri.

Tapi tenang. Seorang dokter pemilik akun Twitter @dr_mutan membagikan tips agar pasien isoman bisa lekas pulih dan mendapatkan hasil negatif sehingga dinyatakan sembuh. Setidaknya ada lima hal yang harus dilakukan, yaitu:

  • Perbanyak asupan protein.

Selama isoman, usahakan memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi. Beberapa pilihan makanan berprotein misalnya daging ayam, daging sapi, hingga ikan. Selain itu, protein juga terdapat dalam kacang-kacangan. Sedangkan jika memiliki darah tinggi, bisa mengonsumsi tiga butir telur sehari.

Protein dalam tubuh nantinya akan dipecah menjadi asam amino yang berfungsi sebagai bahan bakar metabolisme. Selain itu protein juga bahan baku utama sistem imun tubuh.

  • Olahraga.

Olahraga ini dilakukan sesuai kemampuan masing-masing, mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat. Meski penderita Covid-19 kebanyakan lemas, tapi usahakan tetao berolahraga. Pilih olahraga yang bisa menggerakkan seluruh anggota tubuh, jadi tidak hanya jalan atau lari saja.

  • Minum air 2L sehari.

Minum air dua liter sehari itu paling minimal. Jika mampu, silakan ditambah sebanyak mungkin. Pasalnya banyak minum akan membuat seseorang sering buang air kecil. Tapi saat buang air kecil itulah sampah-sampah dalam tubuh juga akan ikut terbuang

  • Tidur wajib 8 jam.

Isoman di rumah dan minim interaksi hendaknya dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan tidur. Khusus pasien isoman, wajib tidur 8 jam sehari. Tidak harus langsung sekali tidur dengan durasi 8 jam, tapi bisa juga dicicil mulai pagi, siang, sore, hingga malam, asal jumlahnya 8 jam.

  • Berjemur dan makan buah berwarna merah.

Berjemur ini penting agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Udara panas yang cukup menyengat juga ampuh membunuh virus-virus yang mungkin menempel di pakaian.

Selain itu makan buah berwarna merah atau terang akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Buah-buahan jenis ini banyak sekali, seperti apel, tomat, jeruk, wortel, hingga jambu merah.

Pemilik akun @dr_mutan menamai tipsnya ini dengan SPT atau speed metabolism tricks. Ia juga tidak menganjurkan minum obat-obatan selama isolasi mandiri, karena pasien isoman pada dasarnya tidak memerlukan obat, melainkan istirahat, olahraga dan makan makanan bergizi. (WIL)