Artikel

PPKM Berhasil, Masyarakat Harus Tetap Waspada dan Jaga Prokes

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel yang dibuat pemerintah berhasil. Kian hari, angka kasus Covid-19 di tanah air semakin menunjukkan penurunan.

Mengutip laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, maritim.go.id, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan membandingkan Indonesia dengan negara-negara tetangga di ASEAN.

“Indonesia mengalami perkembangan pesat dengan kasus konfirmasi harian yang terus turun hingga 98,9 persen pada 15 Juli lalu, menurunnya angka kematian, dan terdongkraknya kecepatan vaksinasi yang ada,” kata Menko Luhut.

Ia mengatakan dengan adanya Surat Edaran Satgas Covid-19 membantu mencegah terjadinya penyebaran kasus, termasuk dalam kasus pelaksanaan PON XX di Papua. Pasalnya, sejauh ini, ada sekitar 83 orang yang terpapar.

“Adanya SE Satgas No. 17/2021 membantu mencegah terjadinya penyebaran kasus setelah kepulangan kontingen dari seluruh panitia ke daerah asal,” kata Menko Luhut.

Oleh sebab itu, Menko Luhut mengingatkan agar semua pihak tidak lengah terlebih dalam menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Kita jangan sampai lengah dan lepas kendali dengan situasi ini, Presiden sudah wanti-wanti agar kita semua tetap menjaga keadaan kondusif,” ungkapnya.

Senada dengan hal ini, Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin memaparkan bahwa secara ilmiah mengenai angak Covid-19 di Indonesia yang turun dengan drastis salah satunya karena kekebalan yang timbul baik secara alami maupun buatan.

“Bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri kami telah menyiapkan Survei Prevalensi Antibodi Masyarakat Untuk 21.880 sampel di 34 Provinsi seluruh Indonesia,” papar Menkes.

Lebih lanjut, ia menjelaskan survei ini nantinya akan memberikan gambaran kedepannya mengenai peta penanganan Covid-19 sehingga pencegahan akan dilaksanakan dengan lebih maksimal.

“Bekerja sama dengan Universitas dan WHO, survei ini akan memperlihatkan pula kepada dunia atas kesiapan Indonesia dalam menghadapi Covid-19,” imbuhnya.

Saat ini, menurut Menkes Budi Indonesia juga menempati urutan ke-5 terbanyak yang telah melaksanakan vaksinasi di seluruh dunia.

“Diharapkan kedepannya penanganan Covid-19 akan lebih maksimal dan Indonesia mampu menghadapi tantangan ini dengan lebih baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari laman vaksin.kemkes.go.id, upadate per tanggal 12 Oktober, dari sasaran vaksinasi sebanyak 208.265.270 jiwa, 101.673.077 telah melakukan penyuntikan dosis tahap 1 atau sekitar 48,82 persen. Untuk yang telah melakukan hingga dosis lengkap atau tahap 2 sebanyak 58.720.535 atau 28,20 persen.


5 komentar untuk “PPKM Berhasil, Masyarakat Harus Tetap Waspada dan Jaga Prokes”

oleh Sintia alvionita  1 minggu yang lalu

"Alhamdulillah atas kerja keras kita semua khususnya pemerintah, tetap jaga prokesnya"

oleh Zulaika erina  1 minggu yang lalu

"Tetap semangka melawan pandemi"

oleh Bima satria  1 minggu yang lalu

"Jangan lupa vaksin juga, kita harus mencapai target vaksin"


Berikan Komentar: