Artikel

Quraish Shihab Imbau Warga Tidak ke Masjid saat Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Cendikiawan muslim Quraish Shihab mengimbau setiap muslim agar melaksanakan salat berjemaah di rumah selama pandemi Covid-19.

"Bahkan, boleh jadi pergi kita berkata pergi salat berjemaah di masjid untuk salat apa pun itu bisa mendekati haram. Kalau tidak haram, paling sedikit dia makruh, paling sedikit itu," katanya dikutip dari Detik.com, Senin (12/7).

Dalam unggahan di instagram putrinya Najwa Shihab, Mantan Menteri Agama ini mengungkapkan saat ini semua sepakat menyatakan bahwa virus Corona membahayakan jiwa manusia. Karena itu para ulama memberi fatwa tidak dianjurkan bagi mereka untuk hadir dalam salat-salat berjemaah bahkan salat jumat.

“Dulu pada zaman sahabat-sahabat nabi pernah terjadi hujan lebat sehingga jalan becek. Azan ketika itu diubah redaksinya. Kalau dalam azan ada kalimat yang menyatakan 'Hayya alashalah', Mari melaksanakan salat maka panggilan ketika itu berbunyi 'Salatlah di rumah kalian masing-masing,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dijelaskan Quraish Shihab, anjuran untuk salat di rumah bukan untuk keselamatan melainkan untuk kesehatan dan kemudahan.

"Ini bukan berkaitan dengan keselamatan jiwa tapi berkaitan dengan kesehatan dan kemudahan. Itu pandangan agama," imbuhnya. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Quraish Shihab Imbau Warga Tidak ke Masjid saat Pandemi Covid-19”

oleh daffa alfat  3 bulan yang lalu

"semangat menjalani ppkm yg semakin ketat"

oleh julian robert  3 bulan yang lalu

"tetap ikuti aturan dan jangan buat masalah yg nantinya bakal berdampak besar"

oleh melani sukasa  3 bulan yang lalu

"jaga kesehatan diri kita sendiri dlu yaa"


Berikan Komentar: