Artikel

Siap Bersaing di Dunia Kerja Dengan Kartu Pra Kerja

 
 | Arusbaik

Selama pandemi Covid-19, banyak orang kehilangan pekerjaan. Stevenly Rio Loginsi adalah salah satunya. Ia adalah seorang petugas keamanan yang harus terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di perusahaannya ketika pandemi baru saja melanda.

Rio kemudian melihat informasi tentang Kartu Pra Kerja, dan ia mulai mengikuti Arahan serta pelatihan yang diadakan oleh pemerintah. Rio memilih keterampilan Marketing Optimizing, sesuatu yang diam-diam menjadi bidang kesukaannya.

Seusai mengikuti latihan, Rio mulai mencari lowongan kerja. Siapa sangka, Rio mendapatkan panggilan di sebuah perusahaan. Ia mendapat pekerjaan di bagian pemasangan poster promosi untuk produk-produk perusahaan.

Kisah Rio ini diceritakan di hadapan Presiden Jokowi pada acara pengarahan kepada para penerima Kartu Prakerja Tahun 2020-2021 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 17 Maret 2021. Kisah Rio itu langsung disambut hangat Presiden dan para peserta lain.

"Di zaman yang penuh dengan kompetisi seperti ini, kalau keterampilan kita tiap hari tidak kita perbaiki, hilang kita. Tahu-tahu kok saya kehilangan pekerjaan. Karena yang lain memperbaiki skill dan keterampilan sementara kita tidak," kata Presdien kepada 500an penerima Kartu Prakerja yang mengikuti acara baik secara langsung maupun virtual.

"Saya memulai usaha dulu dari nol juga, mulai dari ikut pelatihan. Dulu seminggu tapi. Kalau ini kan sekarang zaman digital seperti ini bapak/ibu bisa belajar online. Itu akan lebih mempercepat," lanjut Presiden.