Artikel

Sinovac Aman untuk Usia 12-17 Tahun, Remaja Siap-siap Divaksin

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah mengumumkan vaksin Sinovac aman untuk disuntikkan pada remaja berusia 12-17 tahun.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization untuk vaksin Sinovac.

"Kita bersyukur, BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 Tahun. Sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai," ujar Presiden dikutip dari keterangan resmi, Senin(28/6).

Hingga saat ini, program vaksinasi Covid-19 nasional telah mencapai 1,3 juta suntikan per hari pada Sabtu (26/6/2021). Angka ini sudah melampaui target yang ditetapkan yakni 1 juta suntikan per hari.

"Hal ini tercapai berkat kerja keras dan gotong royong semua pihak, terutama Kementerian Kesehatan, TNI-Polri, pemda, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu, serta masyarakat yang bersedia divaksin," jelasnya.

Meskipun telah mencapai target, Kepala Negara meminta semua pihak tetap bekerja keras agar sehingga angka 1 juta suntikan vaksin per hari bisa dipertahankan bahkan dilipatgandakan.

"Saya ingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target 1 juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat meningkat dua kali lipat pada Agustus 2021, mencapai 2 juta dosis per hari," ungkapnya.

Seiring dengan vaksinasi yang terus digencarkan oleh pemerintah, Presiden kembali mengingatkan agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal ini guna menekan penyebaran Covid-19.

"Saya mohon kepada bapak, ibu, dan saudara-saudara, kita semua, untuk tidak ragu divaksinasi, dan tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Dan sekali lagi saya ingatkan, tinggallah di rumah selama tidak ada kebutuhan yang mendesak," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (CHE)