Artikel

Stop Keluar Rumah, Titik Penyekatan Semakin Bertambah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kepolisian Metro Jaya menambah titik penyekatan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Sehingga saat ini sudah ada 72 titik penyekatan dari sebelumnya berjumlah 63 titik.

"Penyekatan dilakukan di 72 titik penyekatan di Polda Metro Jaya, yaitu 5 di GT, 9 di exit tol, 19 titik di batas kota dan 39 titik di jalur utama,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7).

Dijelaskan Wakapolda, sebanyak 37 titik dari total keseluruhan adalah pembatasan mobilitas dan penyekatan masyarakat yang akan masuk ke Jakarta. Sedangkan 35 lainnya merupakan pembatasan dan pengendalian di dalam kota Jakarta maupun di Kota Tangerang, Depok, dan Bekasi.

“Di setiap titik telah diturunkan 30-50 personel gabungan Polri, TNI, serta pemda” jelasnya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan terhadap pelaksanaan penyekatan PPKM Darurat masih banyak ditemukan pelanggaran.

"Memang ada beberapa kendala bahwa masih banyaknya masyarakat, penumpukan di setiap titik terutama yang akan masuk ke Jakarta," imbuhnya.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini mengungkapkan pihaknya tetap mengedepankan upaya preventif dan edukasi dalam penyekatan ini. Sehingga tindakan tegas adalah upaya terakhir yang akan diambil.

"Kemudian, mana kala terjadi penumpukan lalu lintas maka kami melakukan diskresi, dibuka sehingga tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan permasalahan baru," ungkap Brigjen Hendro. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut: