Artikel

Studi: Kartu Prakerja Bantu Sehatkan Mental di Tengah Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Program Kartu Prakerja yang digulirkan pemerintah sebagai upaya membantu membekali masyarakat dengan keterampilan menuju dunia kerja ternyata cukup signifikan dampaknya.

Selain berhasil mencapai target yaitu menambah keterampilan masyarakat, Program Kartu Prakerja juga membantu dalam menyehatkan mental masyarakat yang cukup terpukul akibat kesulitan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI). Penelitian dilakukan oleh Chairina Hanum Siregar dan M. Rifqi Aufari.

"Dapat disimpulkan Kartu Prakerja tidak hanya membantu meningkatkan skill, tapi juga mempengaruhi kondisi kesehatan mental akibat pandemi," kata peneliti Chairina Hanum seperti dikutip dari laman UI, Kamis (1/7).

Dalam penelitian itu, Hanum dan Rifqi meneliti dampak program Kartu Prakerja terhadap kesehatan mental di masa pandemi. Penelitiannya melibatkan 4.000 responden di seluruh Indonesia dan dilakukan pada Agustus-September 2020.

Hanum mengatakan, kondisi mental seseorang yang menjadi lebih buruk akibat pandemi terlihat dari penurunan rasa bahagia, peningkatan rasa cemah,sedih dan marah. Menurutnya, semua itu selain disebabkan kehilangan pekerjaan juga disebabkan oleh adanya pembatasan mobilitas.

“Studi ini akan lebih menarik jika menggunakan indikator kesehatan mental yang lebih luas lagi, kami akan mengeksplorasi kembali studi ini karena kebetulan saat ini kami sedang melakukan follow up survei, dan kami menggunakan indikator yang lebih kompleks lagi. Jadi tidak hanya basic emotion saja,” kata Hanum. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: