Artikel

Sukses PPKM Berlanjut, Beberapa Kota Turun ke Level 3

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tampaknya sukses menekan laju penyebaran Covid-19. Indikatornya, beberapa kota dinyatakan turun level PPKM dari level 4 menjadi level 3.

Atas keberhasilan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah masih akan memperpanjang penerapan PPKM selama tujuh hari ke depan hingga tanggal 30 Agustus 2021.

"Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24-30 Agustus 2021 beberapa daerah diturunkan dari level 4 ke 3," kata Presiden Jokowi dalam siaran langsung yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden merinci beberapa kota yang berhasil turun ke level 3 PPKM. Di antaranya, wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek); Bandung Raya, dan Surabaya Raya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai. Sehingga, masyarakat masih harus mematuhi protokol kesehatan, aturan PPKM, serta turut menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Diketahui, PPKM sendiri mulai diberlakukan secara darurat pada 2 Juli-20 Juli 2021 lalu. Setelahnya, secara berkala PPKM diperpanjang setiap 7 hari dengan menetapkan level untuk tiap daerah berdasarkan situasi pandemi di daerah tersebut.

Puncak lonjakan kasus Covid-19 sendiri, imbuh Presiden, terjadi pada tanggal 15 Juli 2021. Namun sejak saat itu, kasus konfirmasi terus mengalami penurunan di mana saat ini total penurunan mencapai 78 persen sejak puncak kasus.

Sementara angka kesembuhan, lanjut Presiden juga mengalami penurunan secara konsisten. Bahkan penurunan angka kesembuhan ini lebih tinggi dibanding penambahan kasus positif dalam beberapa pekan terakhir.

"Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur (BOR) nasional yang saat ini berada di angka 33 persen," pungkasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Sukses PPKM Berlanjut, Beberapa Kota Turun ke Level 3”

oleh Cintra kirana  1 bulan yang lalu

"Semua kota juga sudah membaik, semoga ini yg terakhir"

oleh Bimo saputro  1 bulan yang lalu

"Tapi klo ppkm terus kan bosen"

oleh Doni abigeil  1 bulan yang lalu

"Bisa diliat si dampak baik dri ppkm itu sendiri"


Berikan Komentar: