Artikel

Tetap Berpikir Positif meski Terinfeksi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bukan hal yang mudah bagi seseorang saat mengetahui dirinya terinfeksi virus Corona. Tidak semua orang bisa menerima kemudian berpikir positif.

Saat pertama kali mengetahui hasil swab kita positif, tentu kita tidak percaya. Bahkan otak kita akan berusaha menyangkal.

Dokter spesialis kedokteran jiwa di RS Jiwa Prof. DR Soerojo Magelang, dr Santi Yuliani lewat unggahannya di Instagram mengatakan saat seseorang mengetahui dirinya positif Covid-19, dia tidak perlu tergesa-gesa harus menerima bahwa dirinya terkontaminasi virus Corona.

“Tidak perlu tergesa-gesa menerima dan berikan kesempatan beberapa saat untuk dirinya mampu mencerna keadaan. Kamu tidak harus berlomba untuk bangkit, masing-masing orang punya proses sendiri-sendiri,” tulis dr Santi.

Dokter Santi menegaskan tidak perlu menolak rasa marah dan kecewa yang datang pada kita. Menurutnya, tidak ada yang tidak kecewa bila mendapatkan hasil yang tidak diinginkan.

“Tidak ada yang tidak sedih saat mengetahui dirinya mengalami musibah,” jelasnya.

Psikiatris spesialis stimulasi otak ini juga membagikan empat cara untuk berpikir positif ketika mengetahui positif Covid-19, yaitu:

1. Ambil posisi duduk, atur nafas

Dengan mengubah posisi dari berdiri ke duduk, kita memberikan kesempatan pada otak depan untuk mengambil alih “keributan amygdala.” Bernafaslah perlahan, otak kita butuh oksigen untuk bisa berpikir lebih baik.

2. Buat catatan

Buatlah diary atau catatan harian pribadi yang isinya:

  • Apa saja yang bisa Anda lakukan saat ini

  • Siapa saja yang bisa membantu kondisi Anda

  • Bagaimana alur pelayanan kesehatan yang harus ditempuh, bila kondisiku memburuk.

3. Berpikir saat ini

Tidak ada satu orang pun yang bisa memastikan apa yang akan terjadi besok pagi. Gunakan energi yang kita miliki untuk fokus pada saat ini. Apa yang bisa Anda lakukan untuk menguatkan diri hari ini dan mengurangi berandai-andai tentang apa yang akan terjadi besok.

4. Baca referensi

Aktivitas membaca bisa dilakukan untuk membantu Anda berpikir positif. Bacaan berikut ini mungkin bisa membantu menyemangati Anda:

  • Membaca referensi tentang angka kesembuhan Covid-19.

  • Referensi tentang efektifitas terapi yang bisa diberikan

  • Stop referensi yang tidak berdasar seperti dari group-group tanpa sumber yang jelas

Sedih dan kecewa juga merupakan bagian dari manusia. Berpikir positif bisa dilakukan bila kita sudah melalui fase menerima. Karena itu dokter Santi menyarankan pada setiap orang yang mengetahui dirinya positif Covid-19 agar memberikan waktu untuk mencerna dan kemudian mulai berpikir dengan logika. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Tetap Berpikir Positif meski Terinfeksi Covid-19”
Berikan Komentar: