Artikel

Tetap Seru meski Natal di Rumah Saja

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Perayaan Natal 2021 masih harus dilakukan dengan penuh kewaspadaan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. Terlebih, saat ini sudah muncul varian baru Covid-19, Omicron yang berpotensi menyebar ketika ada aktivitas masyarakat skala besar. 

Masih seperti Natal 2020 lalu, pada perayaan Natal 2021 ini pemerintah masih mengimbau seluruh umat Nasrani untuk merayakannya di rumah masing-masing. Imbauan senada juga disampaikan pemerintah ketika hari raya agama lain. 

Imbauan agar Natal dirayakan di rumah ini sejalan dengan upaya pemerintah mempertahankan tren penanganan Covid-19 yang terus membaik dalam beberapa waktu terakhir. 

''Upaya ini akan efektif jika masyarakat patuh, taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan termasuk mengurangi mobilitas dan berpartisipasi dalam vaksinasi Covid-19,'' kata Jubir Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (25/12). 

Natal Tetap Seru dari Rumah

Perayaan Natal di rumah bukan berarti menghilangkan kemeriahaan. Masyarakat yang merayakannya tetap bisa menghadirkan keseruan meski merayakannya dari rumah masing-masing. 

Beberapa aktivitas di rumah bisa dilakukan untuk mengisi Natal agar tetap bermakna meski tidak dilakukan seperti tahun-tahun sebelum pandemi. 

1. Natal Virtual

Kemajuan teknologi sangat bisa dimanfaatkan untuk mengisi Natal 2021. Ya, jemaat bisa mengikuti kegiatan Natal di gereja masing-masing secara virtual. Ibadah virtual ini bisa dilakukan dengan live streaming atau melalui platform konferensi video. 

Melakukan ibadah Natal virtual ini juga sejalan dengan seruan Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI). Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom mengatakan, gereja di seluruh Indonesia harus turut membantu mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Tanah Air. 

Gomar mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan gereja dalam hal ini adalah dengan mengoptimalkan aktivitas peribadatan secara virtual. 

2. Mendesain Ulang Rumah 

Kalau sehari-hari membersihkan rumah hanya dilakukan pada bagian-bagian yang sering dilalui atau digunakan. Waktu liburan Natal bisa digunakan untuk membersihkan seluruh bagian dan perabot rumah. Selain kebersihan dan keindahan bisa terjaga, rumah pun terasa nyaman saat merayakan Natal.

Tak hanya bersih-bersih, mendesain ulang tatanan rumah juga bisa menjadi opsi menarik dalam mengisi Natal. Penataan ulang rumah akan menghadirkan kesan fresh dan semangat baru, sejalan dengan makna perayaan Natal itu sendiri.

3. Berkirim Hadiah

Perayaan Natal identik dengan saling membagikan hadiah satu sama lain. Nah, pembagian hadiah sangat bisa dilakukan meski tidak keluar rumah. Terlebih saat ini jasa antar barang sudah sangat mudah ditemui. 

Yuk, jadikan Natal 2021 ini penuh makna meski dirayakan tidak seperti biasanya. (wil)