Artikel

Tiga Cara Mencari Donor Plasma Konvalesen untuk Terapi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Peningkatan kasus Covid-19 juga memicu permintaan plasma konvalesen sebagai terapi untuk pasien Covid-19. Terapi ini diyakini bisa membantu pasien membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus.

Bagi Anda yang sedang mencari dan membutuhkan plasma konvalesen, berikut langkah-langkahnya.

1.Minta ke rumah sakit tempat dirawat

Masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen bisa meminta pada rumah sakit tempat pasien Covid-19 sedang dirawat. Nantinya, pihak rumah sakit akan membuat surat pernyataan setelah pemohon mengisi formulir surat permintaan plasma.

2. Daftar wilayah dengan UDD PMI

Tidak semua wilayah memiliki Unit Donor Darah (UDD) PMI yang merupakan tempat penyedia stok plasma.

Adapun wilayah yang memiliki UDD PMI antara lain, Jakarta, Tangerang, Sumatra (Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang), Lampung, Jawa Tengah (Semarang, Banyumas, Cilacap, Surakarta), Jawa Timur (Surabaya, Malang, Sidoarjo, Lumajang, Kab. Tuban, Kab. Jember), Jawa Barat (Bandung, Bekasi, Cirebon, Bogor).

3. Menghubungi call center plasma konvalesen

Untuk menanyakan ketersediaan stok plasma konvalesen bisa menghubungi call center di nomor 117 extension 5.

Selanjutnya akan ditanyakan wilayah Anda dan diberikan nomor rujukan wilayah UDD PMI terdekat untuk mendapatkan informasi ketersediaan stok plasma konvalesen.

Untuk mengecek lokasi UDD PMI bisa juga lewat situs berikut https://plasmakonvalesen.covid19.go.id/id/udd-pmi.html. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut: