Artikel

Tips Nyaman di Rumah saat Pandemi, Dijamin Enggak Bakal Bosan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi yang melanda membuat masyarakat diminta untuk tetap di rumah. Selain karena adanya pembatasan, tetap berada di rumah juga bisa menghindarkan diri dari terpapar virus Corona. Namun di rumah dalam waktu lama bisa menimbulkan kebosanan. Nah, artikel ini akan mengulas tips nyaman di rumah saat pandemi yang dijamin enggak bikin bosan.

Penerapan PPKM

Dalam upaya mengatasi pandemi, pemerintah sejak awal menerapkan pembatasan sosial. Awalnya istilah yang dipakai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini istilah yang digunakan pemerintah adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Setiap kota atau wilayah memiliki tingkat pembatasan yang berbeda-beda. Maka, pemerintah pun menetapkan PPKM level 1 hingga 4, berdasarkan situasi pandemi di masing-masing kota atau kabupaten. Daerah yang kasusnya rendah bisa menerapkan PPKM level rendah, begitu pula sebaliknya.

Dalam menetapkan level PPKM, pemerintah memiliki standar acuan berupa tingkat kasus konfirmasi harian, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR), tingkat kasus aktif, hingga kecepatan dan capaian vaksinasi Covid-19.

Tips Nyaman di Rumah saat Pandemi

Nah, selama penerapan PPKM ini, masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Keluar rumah tetap di perbolehkan jika untuk keperluan mendesak. Agar di rumah tidak bosan, simak tips nyaman di rumah saat pandemi berikut ini:

1. Jaga Kualitas Udara

Tips nyaman di rumah saat pandemi pertama yang perlu diperhatikan adalah menjaga kualitas udara di dalam rumah itu sendiri. Menjaga kualitas udara bisa dilakukan dengan memperbaiki ventilasi sehingga sirkulasi udara bisa berjalan lancar.

Dengan kualitas udara yang bagus dan segar, seseorang tidak akan merasa jenuh dan bosan meski tetap berada di rumah.

2. Pencahayaan Alami

Selain kualitas udara, pencahayaan alami dalam rumah juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini, pastikan rumah memiliki jendela proporsional dalam jumlah yang memadai sehingga rumah dapat pencahayaan alami dari sinar matahari.

Selain mendukung sirkulasi udara, adanya jendela juga membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah. Ini bisa menghemat listrik, dan juga mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari yang disebut cukup baik bagi tubuh.

3. Bebas Hama

Kualitas udara dan pencahayaan alami sudah ok, berikutnya pastikan rumah bebas dari hama dan binatang pengganggu lainnya. Kunci dalam hal ini adalah kebersihan. Rumah yang bersih niscara tidak akan ada hama dan binatang seperti tikus dan kecoa yang masuk.

Rumah perlu dibersihkan secara berkala. Misalnya, sapu lantai sebanyak dua kali dalam sehari. Pel lantai dua hari sekali. Rapikan rak buku, lemari pakaian, dapur, dan sebagainya secara berkala.

4. Kelola Sampah dengan Baik

Mengelola sampah atau limbah rumah tangga ini juga tak kalah penting. Jangan sampai sampah dibiarkan berserakan di depan rumah. Selain membuat kotor, sampah-sampah ini juga akan menimbulkan bau tak sedap yang membuat tidak nyaman berada di rumah.

Salah satu cara mengelola sampah yang baik adalah pisahkan sampah organik dan anorganik. Selain itu, pastikan tukang kebersihan di kompleks rumah mengambil sampah tersebut setiap pagi hari.

5. Desain dan Tata Rumah Sesuka Hati

Dalam hal ini, kalian bisa melakukan kreasi seperti dalam memilih warna cat tembok. Pastikan tembok dicat dengan warna yang cerah dan enak dipandang. Selain itu, bisa juga melakukan penataan tata letak rak, lemari, meja kerja dan sebagainya.

Dengan mendesain sendiri tata ruang rumah, niscara akan menghadirkan kenyamanan sehingga tidak bosan.

6. Air Bersih

Air menjadi hal vital bagi manusia. Selain untuk konsumsi, air juga diperlukan untuk mandi dan cuci. Untuk keperluan-keperluan tersebut dibutuhkan air yang bersih.

Biasanya, rumah yang berada di kompleks akan mengandalka air PAM. Untuk itu penting memastikan pasokan air PAM di kompleks tersebut lancar. Selain itu, bisa juga meng-update informasi jika terjadi kerusakan sehingga bisa berjaga-jaga.

7. Ruang Terbuka Hijau

Bagi banyak orang, hijau-hijauan daun cukup ampuh untuk keperluan refreshing dari penatnya pekerjaan. Untuk itu bisa juga membuat taman kecil-kecilan di depan rumah.

Menanam tanaman bukan hanya bisa membantu menciptakan suasana yang lebih alami, segar, asri, dan membantu memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah. Ini dikarenakan merawat tanaman terbukti dalam berbagai riset berdampak positif untuk kesehatan mental, khususnya dalam mengurangi stress, rasa cemas, sampai depresi.

Itu lah tujuh tips nyaman di rumah saat pandemi. Kita semua berharap pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas seperti dulu lagi. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: