Artikel

Tips Tetap Aman dan Sehat saat Naik KRL di Masa Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - KRL menjadi salah satu moda transportasi yang digemari oleh masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selain karena harganya yang murah, ketepatan waktu KRL juga menjadi alasan ia begitu digemari.

Namun di masa pandemi seperti saat ini, naik kendaraan umum termasuk KRL sebenarnya kurang direkomendasikan. Hal itu karena sempitnya ruang dan banyaknya orang yang berpotensi memudahkan penyebaran virus dari satu orang ke orang lain.

Meski demikian, bagi masyarakat yang tetap harus berkegiatan menggunakan KRL diminta untuk hari-hati. Ada sejumlah tips aman naik KRL yang bisa mereka jalankan sehingga tetap sehat dan tak tertular Covid-19.

Bagi para pengguna setia KRL, kita bisa ikuti cara yang dilansir dari situs Satgas Covid-19 berikut ini agar tetap aman dan bisa menjaga kesehatan saat bepergian naik KRL di masa pandemi.

1. Tidak bermain gadget

Saat berada di dalam KRL seperti smartphone maupun tablet. Sebab perangkat ini bisa berpotensi tercemar virus dan menularkannya di KRL.

2. Perhatikan jam operasional

Ikuti aturan pembedaan jam masuk/pulang kantor dan perhatikan juga waktu operasional KRL yang telah disesuaikan untuk menghindari kerumunan akibat lonjakan penumpang.

3. Jaga protokol kesehatan

Tertib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar penumpang, serta memakai masker penutup mulut dan hidung dengan benar sesuai anjuran.

4. Jangan ngobrol

Mengurangi interaksi percakapan dalam perjalanan untuk menghindari droplet agar penularan virus dapat dihindari.

5. Siapkan hand sanitizer

Menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap naik dan turun dari KRL.

Selain cara-cara di atas kita juga bisa ikuti selalu informasi resmi dari pemerintah tentang upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan upaya ini, diharapkan kita semua tetap dapat beraktivitas dengan aman dan produktif serta terhindar dari penularan Covid-19. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: