Artikel

Tradisi Masyarakat Indonesia di Momen Idulfitri

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Momen perayaan Lebaran selalu dinantikan seluruh umat Muslim di Indonesia. Berbagai tradisi dan acara menarik secara turun temurun menjadikan hal yang dirindukan setiap tahun.

Dua tahun belakangan masyarakat lagi-lagi harus menahan diri untuk tidak menjalankan tradisi Lebaran lantaran pandemi Covid-19 yang masih merajalela.

Apa saja hal-hal yang identik dengan tradisi Lebaran di Indonesia? Berikut penjelasannya:

1. Mudik

Beberapa hari jelang perayaan Idulfitri biasanya masyarakat melakukan mudik Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga. Aktivitas ini jadi agenda wajib terlebih bagi umat muslim yang tinggal jauh dari kampung halaman.

2. Halal Bihalal dan Sungkeman

Selain merayakan kemenangan usai berpuasa selama satu bulan penuh, momen Lebaran juga diisi dengan silaturahmi dan halal bi halal dengan keluarga dan kerabat. Tradisi sungkeman dilakukan dengan cara anggota keluarga yang berusia lebih muda akan berlutut dan memohon maaf dengan cara mencium tangan anggota keluarga yang lebih tua atau dituakan.

3. Baju Lebaran

Lebaran identik dengan baju baru. Biasanya warga menyiapkan baju terbaik yang bersih dan rapih untuk dipakai saat hari raya.

4. Bagi-bagi salam tempel

Salam tempel atau angpao Lebaran adalah hal yang paling ditunggu anak-anak saat lebaran. Tradisi ini dilakukan orangtua atau sanak saudara kepada anak-anak. Usai melakukan sungkeman biasanya dilanjutkan dengan bagi-bagi salam tempel untuk anak-anak.

5. Ketupat dan Opor Ayam

Lebaran belum lengkap tanpa ketupat dan opor ayam. Kedua makanan ini menjadi ikon khas Lebaran dan menjadi menu tetap di setiap rumah saat merayakan Lebaran.

6. Kue Khas Lebaran

Bersilaturahmi ke rumah kerabat atau sanak saudara saat Lebaran pasti tak asing lagi dengan sajian kue kering khas Lebaran. Diantaranya kue Nastar, Kastangle, Sagu Keju, dan Kue Lidah Kucing yang bisa dicicipi saat bersilaturahmi.

7. Takbiran

Malam sebelum hari raya Idulfitri biasanya ada tradisi takbiran yang dilakukan pria dewasa maupun anak-anak di masjid-masjid. Selain itu, biasanya juga ada arak-arakan keliling kampung dengan membawa bedug untuk meramaikan perayaan Lebaran.

8. Ziarah

Selepas salat Idulfitri atau pagi hari Lebaran pertama biasanya diisi dengan kegiatan ziarah. Orang-orang akan mendatangi tempat pemakaman untuk memanjatkan doa bagi keluarga dan kerabat yang telah meninggal dunia. (CHE)


0 komentar untuk “Tradisi Masyarakat Indonesia di Momen Idulfitri”
Berikan Komentar: