Artikel

Update Prokes, Lapisi Masker Kainmu dengan Masker Medis

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Memakai masker merupakan syarat utama untuk meminimalisir penularan Covid-19. Namun, para ahli menyarankan agar tidak lagi memakai masker kain karena tidak efektif melindungi diri dari paparan varian baru Covid-19.

“Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagipula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau. Gunakan hanya masker berkualitas,” kata dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog, dr Dirga Sakti Rambe dikutip dari Detik, Minggu (20/6).

Menurutnya, masker kain dinilai tidak efektif melindungi kita paparan varian baru dari Covid-19.

“Sekarang kita tidak bisa hanya menggunakan masker kain atau scuba. Apabila ingin tetap menggunakan masker kain, sebaiknya dilapisi dengan masker surgical di bawahnya,” jelasnya.

Selain menggunakan masker yang berkualitas, dr Dirga juga mengingatkan agar penggunaan masker medis selalu diganti setiap enam jam sekali. Bahkan, dalam waktu satu jam jika masker sudah basah dan kotor harus segera diganti.

“Kalau masker sudah mulai basah dan kotor itu waktunya untuk diganti supaya kita mendapatkan perlindungan yang maksimal”, jelasnya.

Dirga juga mengingatkan masyarakat agar tidak melepas masker sembarangan. Sebisa mungkin, melepas masker untuk keperluan penting seperti saat sedang makan.

Melepas dan membuang masker juga harus dilakukan dengan benar yakni lepas tali elastis dari telinga, kemudian jauhkan masker dari pakaian dan wajah untuk menghindari permukaan masker yang bisa saja sudah terkontaminasi.

Selanjutnya buang di tempat sampah dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbahan alkohol. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Update Prokes, Lapisi Masker Kainmu dengan Masker Medis”

oleh joshua suherman  3 bulan yang lalu

"betul sekali, gunakan masker yg sudah terbukti aman"

oleh prita asmara  3 bulan yang lalu

"jangan sampai kita menyepelekan penggunaan masker kain ini, pakai masker yg sudah disetujui pemerintah aja"

oleh bernika salim  3 bulan yang lalu

"informasi yg sangat bermanfaat dan harus disebarkan nih infonya"


Berikan Komentar: