Artikel

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 27 Juta Suntikan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah hingga Senin (31/5) diperkirakan akan mencapai 27 juta suntikan. Vaksinasi harian juga sudah di angka 500 ribu per hari.

Angka tersebut bisa tercapai karena jumlah stok vaksin Covid-19 Indonesia yang terjaga dan tercukupi. Namun, perjuangan belum usai, semua orang masih harus tetap disiplin jalankan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, bulan ini kita memiliki stok yang ada di tangan sekitar 20 juta. Jadi, kalau dibagi 30 hari kita mampu menyuntik sebanyak 500-650 ribu suntikan per hari," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Senin (31/5).

Oleh karena itu, Menkes Budi meminta seluruh kepala daerah untuk mempercepat program vaksinasi di daerah masing-masing. Dalam pelaksanaannya, juga diminta untuk prioritaskan pemberian vaksin kepada lansia.

Menkes Budi mengatakan, belajar dari daerah-daerah yang mengalami kenaikan kasus cukup tinggi, seperti Kabupaten Kudus di Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sumatera Selatan, kelompok warga lanjut usia (lansia) banyak yang terpapar Covid-19 dan memiliki risiko kematian lebih besar.

"Kalau kita bisa memprioritaskan vaksinasi ke lansia, insyaallah yang masuk rumah sakit akan jauh berkurang, insyaallah yang wafat juga akan banyak berkurang," kata Menkes Budi.

Menkes Budi juga melaporkan, program vaksinasi massal yang telah dijalankan kepada para tenaga kesehatan sejak awal pelaksanaan program terbukti mampu mengurangi risiko kematian. Dulu, hal ini menjadi persoalan tersendiri bagi tenaga kesehatan dalam berjuang menangani pandemi.

Di Kabupaten Kudus, yang saat ini tengah mengalami lonjakan kasus, diketahui terdapat 140 tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, tetapi sebagian besar berstatus tanpa gejala.

"Mudah-mudahan yang terkena akan bisa lebih cepat sembuh karena antibodinya sudah terbentuk. Imbauan saya kepada masyarakat, tolong bantu teman-teman tenaga kesehatan ini yang sudah berkorban untuk kita semua dengan cara tetap berdisiplin memakai masker. Kalau kita disiplin, pengurangannya jauh sekali risiko terkenanya," tegas Menkes Budi. (ACD)