Artikel

Varian Omicron Masuk Indonesia, Jaga Prokes dan Segera Vaksinasi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Omicron, varian baru Covid-19 terdeteksi masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada Rabu (15/12) malam. Pasien pertama positif Omicron berada di Wisma Atlet Jakarta.

Kabar terkait hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada awak media, Kamis (16/12).

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kementerian Kesehatan tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021," kata Budi.

Budi menjelaskan awal mula terdeteksinya varian Omicron di tanah air. Pada 8 Desember 2021, sample rutin diambil di Wisma Atlet kemudian dikirimkan ke Kemenkes untuk Whole Genome Sequences (WGS).

"Kami terima 10 Desember dan kami lihat ada 3 pekerja pembersih di Wisma atlet positif PCR, tapi positif Omicron 1 orang," jelasnya.

Meski hasil PCR menunjukkan positif, namun, Budi ketiga orang ini tanpa gejala ini dalam keadaan sehat. Tidak demam maupun batuk.

Oleh karenanya, Budi mengungkapkan dilakukan lagi tes PCR kedua dan didapati hasilnya negatif.

"Karena tes pertama 8 Desember, dan tes PCR kedua sudah negatif. Hasilnya negatif semua," ungkapnya.

Sementara itu, di beda kasus, Kemenkes juga mendeteksi lima orang probable Omicron. Dua adalah WNI yang baru tiba dari Amerika Serikat (AS). Keduanya saat ini tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet.

Tiga lainnya yakni Warga Negara Asing (WNA) dari China yang sedang karantina di Manado, Sulawesi Utara.

"5 orang ini masih probable karena baru dites PCR dengan marker khusus, dan samplenya sedang dikirim ke Balitbangkes. Kita harap 3 hari ke depan sudah keluar hasilnya," pungkas Budi.

Bagi masyarakat, diharapkan untuk tetap secara disiplin menerapkan 5M protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun Anda berada. Dimulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, segeralah lakukan vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap bagi Anda yang belum divaksin untuk melindungi diri Anda sendiri maupun orang di sekitar. (DIN)