Artikel

Wow! Peta Zonasi Covid-19 Terlihat Membaik

 
 | Arusbaik

Meski terlihat seperti hal sepele, tertib pakai masker dan rajin mencuci tangan bisa memberi dampak yang besar. Ini terlihat dari laporan zonasi covid-19 tingkat nasional yang dikabarkan berangsur membaik. Kontribusi TNI-Polri yang bertugas mengawal dan memastikan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan juga memberi dampak yang besar, dari skala daerah hingga ke skala nasional.

Sekitar 50 persen daerah yang berstatus zona merah kini telah mengalami pemulihan, dan turun status ke zona oranye. Informasi yang membangkitkan optimisme publik ini disampaikan Satgas Covid-19, Rabu (31/3). Berdasar perkembangan terkini, disebutkan bahwa fokus pemerintah daerah kini tidak lagi terpusat pada upaya menekan zona merah, tapi sudah bergeser ke zona-zona yang lebih rendah.

"Fokus pengendalian Covid-19 terkini bagi sebagian besar pemerintah daerah kabupaten atau kota adalah mengubah status daerahnya. Dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau. Karena selama ini kita berfokus pada penekanan jumlah zona merah," kata Wiku Adisasmita, dalam siaran pers Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Rabu, (31/3).

Dalam siaran pers itu disebutkan, dari 10 daerah kabupaten atau kota yang semula berstatus zona merah, kini hanya tinggal 5 kabupaten atau kota saja. Sementara ada 12 kabupaten atau kota yang mengalami penurunan status dari zona oranye (risiko sedang) ke zona kuning (risiko rendah). Juru Bicara KPC-PEN juga mengabarkan bahwa belum ditemukan kasus baru di 6 kabupaten/kota yang berstatus zona hijau (tidak berisiko).

Angka penurunan status zonasi tingkat nasional ini menunjukkan bahwa kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah di daerah masing-masing bisa mempercepat penurunan angka penyebaran Covid-19. Karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap patuh pakai masker dan ikuti protokol kesehatan.