Artikel

Mantap! Lebih dari 10 Kota Berhasil Turun Level PPKM

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penanganan pandemi Covid-19 dengan penerapan pembatasan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tampaknya ampuh menekan pertumbuhan kasus. Hal ini tampak dari sejumlah kota yang berhasil turun level PPKM dari 4 ke 3 dan 2.

Menurut Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, saat ini ada sekitar 13 kota/kabupaten di Pulau Jawa dan Bali yang berhasil turun level PPKM.

Luhut yang juga Menko Kemaritiman dan Investasi itu merinci, jumlah kabupaten dan kota yang berhasil turun ke level 3 ada 12. Sedangkan yang berhasil turun ke level 2 ada 1 kabupaten.

Penentuan level PPKM

Dalam menentukan level pada PPKM, pemerintah memakai asesmen situasi pekanan di suatu daerah. Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, dua indikator yang digunakan yaitu laju penularan dan respons kesehatan per daerah.

Pada indikator pertama, level PPKM akan dilihat dari jumlah kasus konfirmasi harian, kondisi perawatan pasien di rumah sakit, serta angka kematian per satuan jumlah pendudukan.

Sedangkan indikator kedua, level PPKM akan ditentukan berdasarkan angka positivity rate atau tingkat kasus positif dari total testing yang dilakukan suatu daerah. Selain itu juga ditentukan kemampuan testing, kemampuan penelusuran atau tracing, dan kemampuan treatment.

"Selanjutnya, kombinasi kedua nilai akhir tersebutlah yang akan menentukan level setiap kabupaten kota," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (5/8).

Namun, penilaian tersebut dikecualikan pada daerah aglomerasi seperti Jabodetabek. Untuk daerah ini, pemerintah akan memutuskan level daerah dalam satu paket. Artinya, ada satu kabupaten atau kota yang level 4, maka seluruh daerah aglomerasi akan berstatus level 4.

13 kabupaten/kota yang berhasil turun level PPKM

Berikut ini adalah daftar kota yang berhasil turun level PPKM dari 4 ke 3:

Banten

  1. Kota Serang

Jawa Barat

  1. Kabupaten Karawang

  2. Kota Tasikmalaya

Jawa Tengah

  1. Kabupaten Jepara

  2. Kabupaten Tegal

  3. Kabupaten Pati

  4. Kabupaten Temanggung

  5. Kabupaten Kudus

  6. Kabupaten Banjarnegara

Jawa Timur

  1. Kabupaten Tuban

  2. Kabupaten Jember

  3. Kabupaten Bojonegoro

Selanjutnya wilayah yang awalnya level 3 menjadi level 2 adalah Kabupaten Tasikmalaya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Mantap! Lebih dari 10 Kota Berhasil Turun Level PPKM”
Berikan Komentar: