Artikel

Tetap Seru Meski Lebaran di Rumah Saja

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Di hari ini, seluruh umat muslim merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Umumnya libur Lebaran diisi dengan mudik Lebaran dan kegiatan silaturahmi dengan keluarga, tetangga atau teman dekat.

Berhubung tahun ini pemerintah melarang aktivitas mudik untuk menekan penyebaran virus Corona, libur Lebaran kali ini tetap bisa dinikmati dengan beragam aktifitas berikut ini:

1. Membersihkan Rumah

Kalau sehari-hari membersihkan rumah hanya dilakukan pada bagian-bagian yang sering dilalui atau digunakan. Waktu liburan ini bisa digunakan untuk membersihkan seluruh bagian dan perabot rumah. Selain kebersihan dan keindahan bisa terjaga, rumah pun terasa nyaman saat merayakan Lebaran.

2. Menata Ulang Rumah

Setelah dibersihkan, aktivitas selanjutnya bisa dengan menata ulang rumah. Menata ulang rumah dan merapikan barang-barang dipercaya bisa mendatangkan energi segar bagi sang empunya rumah. Dengan tatanan baru membuat rumah terlihat lebih fresh.

3. Belanja

Menjelang Lebaran, kegiatan belanja jadi aktivitas seru. Kebanyakan swalayan maupun penjual sayur akan tutup selama hari raya Idul Fitri, karena itu perlu berbelanja kebutuhan makanan dan kebutuhan sehari-hari untuk persiapan selama libur Lebaran.

4. Memasak Makanan Khas Lebaran

Setelah berbelanja, Anda bisa juga melanjutkan dengan memasak makanan khas Lebaran. Meski tidak bisa berada di kampung halaman, Anda dan keluarga bisa tetap menikmati Opor Ayam, Rendang, Ketupat, Sambal Balado Kentang buatan sendiri.

5. Makan Bersama Keluarga

Meski tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga atau kerabat, makan bersama keluarga bisa jadi agenda hangat di hari Lebaran. Menikmati kudapan khas Lebaran bersama keluarga jadi momen yang berharga dalam keluarga

6. Silaturahmi Virtual

Banyak aplikasi video conference yang berkembang selama pandemi seperti Zoom atau Google Meet. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini secara gratis untuk menjalin silaturahmi di hari raya bersama kerabat maupun keluarga.

7. Perawatan Diri

Libur panjang adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Selama hari kerja aktivitas merawat diri seringkali dilewatkan. Nah, sekarang saat yang tepat untuk merawat tubuh yang sudah membantu Anda beraktivitas selama ini. Pilihan perawatan seperti lulur, spa, creambath maupun massage bisa Anda lakukan sendiri maupun bersama pasangan di rumah.

8. Olahraga Bersama

Libur Lebaran bukan berarti waktunya bermalas-malasan. Meski sedang libur, ada baiknya tetap bergerak dan berolahraga. Jangan sampai lemak menumpuk selama libur dan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Olahraga ringan seperti jalan atau lari pagi keliling kompleks, yoga atau pilates bisa Anda lakukan di rumah. (CHE)