Artikel

Waduh, 17 Persen Masyarakat Belum Percaya Covid-19

 
 | ArusBaik

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Dr. (H.C), Doni Monardo mengungkapkan fakta yang cukup mencengangkan terkait persepsi masyarakat terhadap pandemi.

Menurutnya, satu tahun pandemi tidak lantas membuat masyarakat yakin akan keberadaan virus ini. Sebaliknya, masih banyak masyarakat yang belum percaya adanya pandemi Covid-19 ini.

“Masih ada yang belum percaya Covid-19, sebanyak 17 persen,” kata Doni saat Rapat Koordinasi Penanggulangan Covid-19 bersama Pemprov Bengkulu, seperti dikutip dari laman BNPB, Sabtu (17/4).

Doni menjelaskan, selain belum percaya Covid-19, 17 persen masyarakat itu juga masih meyakini bahwa pandemi yang sudah satu tahun lebih melanda Indonesia dan dunia itu sebagai rekayasa atau konspirasi.

Untuk itu, Doni mengimbau pemerintah daerah termasuk unsur TNI/Polri dan tokoh-tokoh masyarakat untuk gencar mengedukasi dan memahamkan masyarakat terkait Covid-19 ini.

“Juga khususnya kepada ulama, mari kita memahami Covid-19 ini dan menyampaikan kepada masyarakat,” ajak Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Dengan keterlibatan unsur-unsur masyarakat itu, Doni berharap pemahaman masyarakat terhadap Covid-19 semakin membaik, sehingga mereka juga akan memahami setiap aturan pemerintah dalam pengendalian pandemi.

“Pemahaman terhadap pandemi ini harus dikuasai oleh seluruh pihak,” pungkasnya.